Frequently Asked Questions

Danone Blogger Academy (DBA) adalah program pelatihan menulis blog tematik dan fotografi bertema kesehatan dan nutrisi. Program ini digagas oleh Grup Danone Indonesia bekerja sama dengan Kompasiana secara eksklusif bagi 10 blogger terpilih. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman serta meningkatkan kemampuan jurnalistik agar para blogger dapat menuliskan informasi mengenai kesehatan dan nutrisi secara akurat, tepat, dan mendalam.

Rangkaian program DBA meliputi Akademi Menulis, field trip, dan proses pembuatan karya. Berlangsung di Pulau Bali dari 29 Agustus - 1 September 2019. Seluruh peserta akan didampingi oleh mentor, baik saat proses belajar maupun konsultasi di luar kelas. Pada akhir periode akan dipilih peserta terbaik sebagai Best of Danone Blogger Academy 2019.

DBA diselenggarakan sepanjang bulan Agustus hingga Oktober 2019. Rangkaian dimulai dengan proses seleksi peserta di awal bulan Agustus. Akademi Menulis akan berlangsung selama 4 hari penuh (@ 9 jam pertemuan) pada tanggal 29 Agustus - 1 September 2019 di Pulau Bali dengan konsep baru dengan memadukan belajar di kelas dan di lapangan. Kegiatan field trip akan diselenggarakan di antara proses belajar di kelas. Proses pembuatan karya mulai 22 September - 19 Oktober, dan apresiasi peserta terbaik "Best of Danone Blogger Academy 2019" akan diumumkan pada 22 November 2019.

Bagi blogger yang ingin berpartisipasi menjadi peserta DBA, cukup daftarkan diri Anda melalui form pendaftaran dengan mencantumkan data diri lengkap. Jangan lupa cantumkan link konten bertema nutrisi/kesehatan/lingkungan karya Anda yang pernah diunggah di blog pribadi (Kompasiana maupun di platform blog lainnya).

Pertimbangan pemilihan 10 peserta DBA didasarkan pada kualitas tulisan blog bertema nutrisi/kesehatan yang disertakan dalam formulir pendaftaran. Peserta akan dipilih oleh tim Danone Indonesia dan Kompasiana. Tim Danone Indonesia dan Kompasiana berhak memilih peserta yang sekiranya memiliki potensi dan minat yang sesuai dengan materi yang akan dibagikan pada saat DBA.

Tak hanya artikel, setiap blogger yang ingin berpartisipasi dalam DBA dapat menyertakan link yang di dalamnya mengunggah foto/video bertema nutrisi atau kesehatan. Konten yang diunggah dalam rentang waktu Januari 2018 hingga 10 Agustus 2019.

Danone Blogger Academy terbuka untuk semua warga negara Indonesia. Khusus DBA ketiga ini, bagi peserta terpilih yang berdomisili di luar Pulau Bali akan ditanggung transportasi dan akomodasi selama kegiatan.

Semua peserta DBA akan mendapatkan informasi mendalam yang dikemas interaktif mengenai nutrisi, kesehatan, edukasi penulisan, dan fotografi, langsung dari para profesional. Selain itu, peserta berkesempatan meninjau langsung proses kerja Pabrik AQUA dan program CSR Danone di Indonesia yang ada di Bali. Selama pelatihan, peserta akan didampingi secara intensif oleh mentor dan asisten mentor, baik dalam proses belajar maupun konsultasi di luar kelas. Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk membangun koneksi dengan para rekan-rekan blogger lain yang berasal dari beragam daerah.

DBA bekerja sama dengan sejumlah akademisi, pembuat kebijakan, tenaga kesehatan, dan influencer di bidang kreatif yang memiliki perhatian khusus pada dunia kesehatan dan nutrisi. Silakan lihat profil narasumber DBA pada laman microsite ini.

Ya, 10 peserta DBA terpilih wajib mengikuti keseluruhan rangkaian  kegiatan DBA (Akademi Menulis, field trip, pembuatan karya akhir) dari Agustus hingga November 2019 berdasarkan timeline yang telah ditentukan penyelenggara.

Untuk info lebih lanjut, silakan cek Syarat dan Ketentuan pada laman microsite ini. Silakan kirimkan pertanyaan atau komplain terkait DBA ke kompasiana@kompasiana.com.